MWxdNqN6MqtaMqBcMaJcNaNcNncsynIkynwbzD1c

Napak Tilas Kebangsaan - On The Spot

BLANTERLANDINGv101
4702376836617413312

Napak Tilas Kebangsaan - On The Spot

2022-07-07T23:45:00-07:00
napak tilas kebangsaan

City Tour - Napak Tilas Kebangsaan On The Spot

adalah program pembekalan kebangsaan yang diselenggarakan langsung di titik-titik sejarah dimana peristiwa tersebut terjadi. Melalui program City Tour Napak Tilas Kebangsaan ini peserta akan dibawa mengunjungi titik-titik penting yang menjadi simpul rangkaian utuh sejarah terbentuknya bangsa Indonesia sampai dengan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dimulai dengan mengujungi Museum Sumpah Pemuda, kemudian berlanjut ke Gedung Pancasila, Tugu Petir, Monumen Nasional dan Masjid Istiqlal. Pada setiap titik sejarah tersebut, peserta akan mendapat penjelasan yang mendalam tentang peristiwa dan pelajaran penting yang terkandung padanya. Yang dengan semua rangkaian itu peserta akan dapat dengan mudah memahami jati diri bangsa Indonesia. Memahami siapa dan mau kemana kita sebagai sebuah bangsa.

Hubungi Kami




Museum Sumpah Pemuda

Perjalanan City Tour Napak Tilas Kebangsaan dimulai dengan mengunjungi Museum Sumpah Pemuda yang merupakah titik sejarah penting dimana bangsa Indonesia ini terbentuk. Di titik ini peserta akan memahami dengan sebaik-baiknya bagaimana kesadaran akan kemerdekaan telah merubah haluan sejarah bangsa Indonesia yang semula berpecah belah karena kesukuan, kedaerahan, keagamaan dan perbedaan golongan itu pada akhirnya bangkit menggalang persatuan dan tercetuslah Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Sejak itulah bangsa Indonesia ini berdiri sebagai satu kesatuan bangsa yang diikat oleh ikrar satu nusa, satu bangsa, satu bahasa atau Sumpah Pemuda itu; dipersaudarakan oleh satu identitas kebangsaan yang sama bendera merah putih itu; dan dijiwai oleh cita-cita perjuangan yang sama menuju Indonesia Raya sebagaimana digambarkan dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya itu. Dan 17 tahun perjuangan bangsa Indonesia sejak Sumpah Pemuda itu akhirnya menghantarkan bangsa Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

...




...

Gedung Pancasila

Perjalanan berlanjut ke Gedung Pancasila yang menjadi tempat dimana BPUPKI bersidang mempersiapkan dasar bagi Negara Indonesia merdeka. Prinsip kemerdekaan yang dinarasikan dalam kalimat "kemerdekaan semua buat semua" itu menjadi ladasan dasar perumusan persiapan kemerdekaan Indonesia itu. BPUPKI inilah hakekat dari apa yang disebut dengan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia oleh Pembukaan UUD 1945 itu.

Dan berlandaskan jati diri bangsa yang lahir dan terbentuknya di atas prinsip kemerdekaan itulah lima dasar bagi Negara Indonesia Merdeka yang dinamai Pancasila itu dilahirkan di sidang BPUPKI. Pancasila disepakati sebagai dasar bagi Negara Indonesia Merdeka untuk membawa sifat bagi negara sebagaimana sifat bangsa Indonesia itu sendiri. Pancasila hadir untuk menetapkan sifat dan bentuk bagi negara yang berkedaulatan rakyat dan berbentuk kesatuan. Sebab memang demikian itulah sifat dan jati diri bangsa Indonesia ini sejak mula-mula terbentuknya.

Hubungi Kami




Tugu Petir

Kemudian bergerak ke Tugu Petir yang adalah titik bersejarah penting dimana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan di tempat ini pada 17 Agustus 1945 atas nama bangsa Indonesia oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Proklamasi 17 Agustus 1945 inilah apa yang oleh Bung Karno disebut sebagai jembatan emas yang kehadirannya membawa serta bangsa Indonesia berpindah dari alam penjajah ke alam kemerdekaan.

Di titik inilah peserta akan dapat memahami secara mendalam titik temu antara rahmat Allah Yang Kuasa dan dorongan luhur kemerdekaan yang mendasari tercetusnya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu. Di titik ini peserta akan diajak untuk membangun koneksi dengan apa yang oleh Bung Karno disebut dengan "Semangat Proklamasi" dan "Revolusi AMPERA" atau yang juga dikenal dengan Revousi Dunia Baru itu.

...




...

Masjid Istiqlal

Kemudian bergerak ke Masjid Istiqlal yang merupakan simbolik tentang bertemunya nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai kebangsaan itu. Di titik ini perserta akan dapat memahami bahwa antara ajaran religi dan ajaran kebangsaan itu adalah dua hal yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Keduanya seperti dua sisi dari satu koin yang sama.

Ajaran Kasih sayang yang merupakan basis dari ajaran agama-agama dan ajaran kemerdekaan yang merupakan dasar dari ajaran kebangsaan Indonesia adalah dua hal yang sama dan sejalan meski secara terminologi berbeda. Ajaran kemerdekaan kebangsaan yang mengajarkan kepada kita untuk saling menghormati kemerdekaan satu sama lain, pada hakekatnya adalah bentuk implementasi dari ajaran kasih sayang itu sendiri. Di titik inilah perserta akan sampai kepada integrasi pemahaman yang kuat antara ajaran keagamaan dan ajaran kebangsaan Indonesia.





Monumen Nasional

Berlanjut ke Monumen Nasional yang adalah monumen simbolik dari Negara Kebangsaan atau Negara Kesatuan Republik Indonesia itu. Monumen simbolik dari Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat secara politik, ekonomi dan budaya, yang menghormati kemerdekaan dan kedaulatan negara-negara lain serta yang turut serta memperjuangakan terwujudnya persaudaraan bangsa-bangsa.

Di Monumen Nasional ini peserta akan memahami rangkuman utuh dari rangkaian panjang sejarah perjalanan bangsa Indonesia, jati dirinya serta arah dari pada cita-citanya. Memahami bahwa bangsa Indonesia adalah satu bangsa yang terbentuk secara alamiah melalui perjalanan sejarahnya dan yang padanya diletakan amanat untuk mewujudkan satu dunia baru. Satu dunia tanpa eksploitasi manusia atas manusia bangsa atas bangsa di dalamnya.

Hubungi Kami
...




...
...
...





BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang